Sabtu, 19 Januari 2013

Bagian Dari Internet

Pelayanan apa saja yang ada di internet ? Agar kamu lebih memahaminya pelajari dlu uraian berikut dengan baik.

1. Browsing
Informasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari - hari. Setiap orang selalu mencari informasi terbaru melalui media cetak atau media elektronik. salah satu sarana tersebut adalah Internet. Aktifitas Pencarian Tersebut dinamakan BROWSING. Browsing internet dapat kamu lakukan dengan menggunakan fasilitas web browser.
beberapa browser yang sering atau umum digunakan adalah Internet Explorer, Mozilla firefox dan Opera. Di Internet kamu dapat menemukan berbagai informasi, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, bahkan hiburan. Beriku adalah beberapa informasi yang dapat kamu peroleh di internet :
a. Informasi untuk anak-anak
beberapa contoh website anak - anak yang menarik untuk di kunjungi adalah :
- http://www.barbie.everythinggirl.com
- http://www.e-smartschool.com
b. Informasi untuk pendidikan
Jika kamu ingin mengetahui informasi tentang pendidikan kamu dapat mencoba untuk mengunjungi website pendidikan berikut :
- http://www.itb.ac.id/
- http://www.depdiknas.go.id/
c. Informasi Ilmu pengetahuan
Untuk menambah wawasanmu mengenai perkembangan ilmu pengetahuan, kamu dapat mengunjungi website seperti berikut :
- http://www.lipi.co.id
- http://www.chem-is-try.org
d. Informasi Komputer
Agar pengetahuanmu mengenai perkembangan terus bertambah,kamu dapat mengunjungi website berikut :
http://www.ilmukomputer.com
- http://www.intel.com
e. Informasi untuk mendapatkan Beasiswa
Untuk mencari informasi tentang Beasiswa, kamu dapat mengunjungi beberapa website berikut :
- http://www.beasiswaluarnegeri.com
- http://www.dana.org
f. Portal dan Berita
Jika kamu ingin mengetahui berita terbaru, kamu dapat mengunjungi beberapa website berikut :
- http://www.antara.co.id
- http://www.detik.com

2. E-mail
Pernahkah kamu mendengar kata e-mail ?? Tahukah kamu apa e-mail itu ?? E-mail berasal dari kata electronic mail ( surat electronik ). E-mail merupakan sarana untuk saling mengirimkan pesan dalam format data elektronic dari satu komputer ke komputer lainnya. E-mail ini terbagi atas dua bagian, yaitu e-mail langganan dan e-mail gratis ( free mail ).
Alamat web mail yang menyediakan e-mail gratis di antaranya sebagai berikut :
- http://www.plasa.com
- http://www.hotmail.com
- http://www.yahoo.co.id
  
3. Chatting
Selain E-mail kamu dapat memanfaatkan fasilitas chatting yang ada di internet untuk berkomunikasi dengan teman - temanmu di seluruh dunia. Tahukah kamu apa chatting itu ? chatting Merupakan Proses Komunikasi beberapa orang pada saat yang sama di internet. orang - orang berkumpul dari berbagai suku, bangsa, benua, ras, umur, dan jenis kelamin untuk berdiskusi secara secara online melalui internet.
Agar kamu bisa chatting, komputer yang digunakan harus mempunyai program internet relay chat ( IRC ). Program ini dapat diguanakan ketika kamu sudah terhubung ke jaringan internet dan sudah masuk ke salah satu server yang menyediakan fasilitas IRC. Adapun IRC merupakan suatu tempat bertemu semua orang dari seluruh dunia secara virtual ( maya ). sehingga dapat berkomunikasi secara langsung. mIRC merupakan salah satu program yang dapat berhubungan dengan sebuah server di dalam jaringan IRC.
Perhatikan Tampilan mIRC berikut.

melalui mIRC ini kamu dapat berkomunikasi dengan cara menyampaikan pesan teks dari pengguna satu ke pengguna lainnya di jaringan IRC. selain mIRC , ada program lainnya yang dapat kamu gunakan untuk chatting antara lainThe palace, World chat, Virtual places, yahoo messenger, dan microsoft's comic strip.

4. Online file storage service
Online file storage service merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh website tertentu di internet misalnya, rapidshare.com, gudangupload.com, dan turbupload.com. Kamu dapat menyiman data - datamu di internet pada situs - situs tersebut. kamu tidak repot-repot membawa cd atau disket untuk mengambil atau menyimpan data.
Selain keuntungan tersebut , terdapat pula resiko menggunakan Online file storage service. Oleh karena disimpan pada server di internet , siapa saja dapat mengakses file yang kamu simpan hal ini akan sangat merugikan terutama jika data yang kamu simpan bersifat rahasia.

 5. Virtual Store
Virtual store merupakan suatu toko yang menjual berbagai barang di internet dengan tampilan layar yang menarik. malalui fasilitas ini, kamu dapat berjalan -jalan di toko tersebut secara virtual dan memesan barang yang diinginkan . pembayaran dilakukan dgn kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar